Home / Uncategorized / Studi Terkini Menunjukkan Preschool Membantu Meningkatkan Keterampilan

Studi Terkini Menunjukkan Preschool Membantu Meningkatkan Keterampilan

Pencapaian akademik sangat penting untuk membuka pintu menuju kesuksesan orang dewasa. Tidak hanya prestasi akademis mengajar anak-anak keterampilan yang mereka butuhkan untuk menemukan kesuksesan dalam karier dan kehidupan, itu juga memberi mereka kesempatan yang seharusnya ditolak. Semakin banyak, kami menyadari bahwa prestasi akademik bukanlah sesuatu yang dapat dipelajari anak-anak di sekolah menengah. Dasar-dasar untuk pencapaian itu terbukti diletakkan jauh lebih awal – sedini prasekolah.

Satu penelitian Penn State telah menemukan bukti yang meyakinkan bahwa keterampilan yang berfungsi eksekutif anak-anak secara dramatis meningkat ketika mereka terlibat dalam pendidikan prasekolah yang berkualitas, yang mengarah ke pencapaian akademik yang lebih besar di kemudian hari.

Pembelajaran awal

Di permukaan, pembelajaran dini tidak selalu tampak seperti banyak. Setelah semua, itu melibatkan prinsip-prinsip dasar – ABC, 123, warna, bentuk, dll. Tetapi menguasai konsep-konsep ini, dan lebih lagi, menciptakan blok bangunan kesuksesan masa depan.

Penelitian neurosains menunjukkan bahwa 90% otak anak berkembang pada usia 5 tahun. Tahun-tahun ini adalah waktu yang kritis untuk koneksi yang benar yang dibuat antara sel-sel otak. Bahkan, setidaknya satu juta koneksi saraf baru terbentuk setiap detik, yang mengarah ke hubungan yang semakin kompleks. Dengan begitu banyak perkembangan dan aktivitas otak yang terjadi di tahun-tahun awal, pendidikan prasekolah yang tepat akan membuat anak Anda sukses dan memiliki kualitas hidup yang tinggi.

Sayangnya, anak-anak yang tidak memiliki akses ke pendidikan berkualitas tertinggal. Seorang anak yang hidup dalam kemiskinan dapat jatuh 18 bulan di belakang pembangunan, dibandingkan dengan mereka yang tidak miskin.

Satu hal yang terlewatkan ketika pendidikan dini berkualitas tidak di atas meja adalah fokus pada fungsi eksekutif, yang menurut Penn State sangat penting. Ketika pendidikan dini melibatkan fokus pada fungsi eksekutif – mengajar anak-anak untuk fokus, memprioritaskan, mengendalikan dorongan mereka, dan banyak lagi – anak-anak lebih siap untuk berkembang dalam lingkungan kelas, dan lebih siap untuk memahami instruksi dan membuat koneksi yang lebih dalam.

Sebaliknya, seorang anak yang hidup dalam kemiskinan yang melewatkan program prasekolah berkualitas tertinggal di belakang selama tahun-tahun perkembangan otak yang kritis. Akibatnya, anak-anak ini sering berjuang dengan akademisi sepanjang hidup mereka.

Bayangkan seorang anak dengan akses ke pendidikan prasekolah berkualitas yang belajar huruf, bentuk, suara, dan bagaimana mereka bekerja bersama. Anak itu akan lebih mudah belajar membaca dan akan memenuhi tonggak di seluruh pendidikannya. Seorang anak yang ditolak pendidikan prasekolah yang sama, bagaimanapun, akan berjuang dengan dasar-dasar membaca dan akan mulai kehilangan tonggak ketika memasuki sistem pendidikan publik. Anak akan tertinggal lebih jauh dan lebih lanjut seiring berjalannya waktu dan konsep-konsep terlewatkan. Apa yang dimulai sebagai masalah kecil di sekolah dasar berubah menjadi ketertinggalan serius di sekolah menengah dan berpotensi putus sekolah.

Pentingnya pembelajaran dini berkualitas dan program prasekolah yang berfokus pada fungsi eksekutif tidak dapat dilebih-lebihkan. Memulai dengan kaki kanan memungkinkan anak mengakses peluang yang tak terhitung jumlahnya.

Apa Fungsi Eksekutif?

Fungsi eksekutif sangat penting untuk konsep pembelajaran yang berhasil. Fungsi eksekutif adalah keterampilan mental yang membantu Anda mengatur hidup Anda dan menyelesaikan berbagai hal.

Fungsi-fungsi ini diatur oleh korteks prefrontal, yang masih berkembang di tahun-tahun prasekolah. Tahun-tahun prasekolah adalah waktu yang ideal untuk mengembangkan dan memelihara fungsi-fungsi ini. Anak-anak membutuhkan fungsi eksekutif seperti fokus, memprioritaskan, pemecahan masalah, pengendalian emosi, memori kerja, dan banyak lagi untuk membantu mereka memperhatikan pelajaran, berinteraksi dengan teman sebaya dan guru, dan mengembangkan pengetahuan yang melekat.

Apa yang Studi Penn State Temukan Tentang Fungsi Eksekutif

Dalam penelitian Penn State, peneliti mengembangkan program prasekolah (program REDI yang bekerja sama dengan program prasekolah Head Start) untuk membantu membangun keterampilan yang berfungsi eksekutif. Mereka kemudian mengukur tingkat dan kemajuan keterampilan tersebut dari prasekolah hingga kelas 3.

Selain instruksi prasekolah reguler yang diberikan melalui program Head Start kepada anak-anak berpenghasilan rendah, program REDI bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial, keterampilan emosional, dan keterampilan membaca dan mendengar secara dini. Anak-anak diperkenalkan dengan keterampilan yang berfungsi eksekutif – seperti keterampilan persahabatan, kontrol emosi, keterampilan mendengarkan, dan banyak lagi – melalui penggunaan boneka, bercerita, dan metode lainnya.

356 anak berpartisipasi dalam penelitian, dengan 192 menerima instruksi melalui program REDI dan 164 menerima instruksi melalui kurikulum Kepala Mulai tradisional.

Setiap tahun fungsi eksekutif dan kinerja akademik anak-anak diukur dan dibandingkan. Melalui lima tahun penelitian dan pemantauan, para peneliti menemukan anak-anak yang mulai dalam kelompok fungsi eksekutif rendah menunjukkan pertumbuhan yang lebih besar dalam fungsi eksekutif jika mereka telah berpartisipasi dalam program REDI. Tidak hanya itu, anak-anak ini juga menunjukkan kelancaran membaca yang lebih baik, kinerja matematika, dan lebih dari kelompok kontrol.

Ketika fungsi eksekutif kurang, sulit bagi anak untuk mengatur perilaku mereka, fokus pada tugas sekolah, membentuk koneksi penting, menjalin pertemanan, dan banyak lagi. Semua ini berkontribusi pada kesulitan dalam mempelajari keterampilan akademik. Tapi seperti yang ditemukan para peneliti Penn State, ketika program prasekolah membangun fungsi eksekutif, anak-anak memiliki kesempatan yang lebih baik dalam keberhasilan akademis.

Seumur Hidup Sukses

Pendidikan prasekolah yang berkualitas tidak hanya membantu anak-anak belajar ABC dan 123, itu membuat mereka hidup dalam kesuksesan pendidikan. Memiliki keterampilan untuk mengingat apa yang seharusnya mereka lakukan, bagaimana memprioritaskan tugas, mengendalikan emosi, dan banyak lagi tidak dapat disangkal bermanfaat bagi seorang anak pada usia berapapun. Ini sangat bermanfaat ketika anak itu dapat terus dewasa dengan keterampilan ini di bawah ikat pinggangnya.

Di NTO INTERNATIONAL, kami fokus untuk mengembangkan seluruh anak dalam program preschool kami, termasuk fungsi eksekutif. Kami tahu jalan ini adalah cara terbaik untuk memulai anak Anda di kaki akademis yang tepat. Silakan hubungi kami di 087-888-999-369, atau hubungi kami online untuk informasi lebih lanjut.

An academic, theme-based curriculum is the core learning foundation at NTO International Daycare. Each week introduces the classes to a new and exciting thematic unit that is incorporated in the week’s activities and centres. A letter of the alphabet is featured each week and is integrated into classroom lessons along with the each month’s Shape, Colour and Number.

Leave a Reply

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial