KINDERGARTEN JAKARTA

Memilih sebuah kindergarten (Taman Kanak-kanak/TK) untuk anak menjadi salah satu keputusan yang paling sulit bagi orangtua. Hal ini disebabkan karena kindergarten merupakan pengenalan pertama anak terhadap lingkungan akademik. Jika kita memilih kindergarten dengan kualitas yang baik, maka anak tentu akan merasa senang dan menikmati aktivitasnya. Namun, ketika kita salah memilih kindergarten, maka anak bisa saja merasa tertekan dan bahkan tidak ingin memulai sekolahnya.

Pertanyaan untuk orangtua

Nah, bagi para orangtua, sebelum memasukkan anak ke kindergarten, ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab terlebih dahulu. Pernyataan tersebut adalah:

Apakah anak kita sudah siap memasuki kindergarten?

Pertanyaan ini tentunya berkaitan dengan seberapa siap anak kita secara mental dan fisik untuk memulai hari-hari mereka bersama teman bermainnya di kindergarten.

Apakah kindergarten memenuhi kebutuhan anak?

Pertanyaan ini berhubungan dengan jarak sekolah dan rumah, metode pengajaran, fasilitas sekolah hingga pelajaran yang diajarkan. Sebagai orangtua kita perlu memastikan hal-hal tersebut.

Full-day atau half-day?

Kita juga harus tahu waktu belajar anak, apakah hanya hari Senin dan Rabu, Selasa dan Kamis, atau mungkin masuk sekolah dari Senin hingga Jumat.

Apakah kita senang dengan para pengajarnya?

Kita juga perlu memastikan bahwa pengajar yang ada di kindergarten adalah orang tepat dan dapat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi anak nantinya.

Tips memilih kindergarten

Nah setelah menjawab pertanyaan tersebut, kita juga perlu memperhatikan hal-hal berikut sebelum memilih kindergarten untuk anak.

Gunakan Internet untuk melakukan survei

Kita perlu mengunjungi website dan panduan yang diperuntukkan untuk orangtua. Pastikan bahwa konten website adalah yang terbaru. Jika websitenya tidak up-to-date, itu mungkin dapat menjadi indikator bahwa sekolah tersebut tidak akan memberikan perhatian kepada anak nantinya.

Pertimbangkan akses menuju kindergarten

Perlu diingat, nantinya anak akan berangkat ke sekolah setiap hari. Jika ternyata jarak kindergarten jauh dan membuat tidak nyaman, maka hal ini perlu menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan.

Perhatikan siswa dan gurunya

Umumnya, kindergarten yang baik adalah yang memiliki pengajar, staf dan siswa yang energik dan antusias. Jika suasana di sekolah tersebut ceria, maka ini dapat menjadi tanda yang baik. Namun, jika sebaliknya, maka lebih baik mencari kindergarten yang lain.

Perhatikan kurikulum sekolah

Ini berhubungan dengan pilihan yang akan mendorong anak bermain sambil belajar dengan metode yang ada di sekolah. Perlu dipastikan sekolah memiliki kurikulum yang membuat siswa dapat berekspresi dan melakukan sejumlah aktivitas seperti membaca, melukis, bermain puzzle dan lain sebagainya agar kemampuan mereka dapat meningkat.

Perhatikan dinding kelas

Hasil karya gambar dan tulisan para siswa harus ditampilkan. Ini merupakan bentuk apresiasi terhadap karya mereka. Kindergarten yang baik selalu melakukan hal ini.

Pahami pendekatan sekolah

Anak nantinya akan belajar bersama dengan anak-anak lainnya yang memiliki karakter yang berbeda. Kita harus memastikan bahwa pengajar mampu mengakomodasi kebutuhan anak. Oleh karena itu, orangtua perlu mengetahui pelajaran apa yang diajarkan setiap hari kepada anak.

Diskusi dengan orangtua lulusan kindergarten tersebut

Kita bisa bertanya pada orangtua lulusan kindergarten tersebut mengenai seberapa puas mereka dengan metode pengajaran yang diberikan. Apa yang menjadi kelebihan dan kekurangannya. Setidaknya, kita akan mendapatkan gambaran mengenai sekolah tersebut.

Pahami kebijakan sekolah

Kita perlu mengetahui bagaimana sekolah menyelesaikan berbagai persoalan yang timbul. Ini terutama berkaitan dengan bullying atau diskriminasi terhadap seorang anak. Meski beberapa sekolah telah memiliki aturan terkait ini, namun kita tidak perlu malu untuk menanyakan beberapa pertanyaan prediktif. Dengan begitu, maka kita bisa memastikan anak akan aman selama berada di kindergarten.